0
SOAL ULANGAN HARIAN LINGKARAN SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 DAN PEMBAHASANNYA ini merupakan contoh soal terbaru yang akan saya bagikan bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Matematika Kelas 8 SMP/MTs yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik - titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tetap itu disebut pusat lingkaran dan jarak yang sama disebut jari - jari lingkaran.


Unsur - unsur lingkaran antara lain: pusat lingkaran, diameter, jari - jari, tali busur, apotema, busur, juring dan tembereng. Biasanya, kebanyakan kita masih bingung ketika diberikan soal perbandingan luas dari dua buah lingkaran, yang perlu diperhatikan untuk soal jenis seperti ini adalah bagian lingkaran yang berbeda, yaitu sering kali yang dibandingkan adalah  atau . Berikut ini adalah beberapa rumus untuk lingkaran:

  • Luas lingkaran Rumus Luas Lingkaran dengan adalah jari – jari lingkaran
  • Keliling lingkaran  Keliling Lingkaran, dimana adalah diameter lingkaran
  • Ingat : atau

Berikut ini Contoh Soal Ulangan Harian Lingkaran SMP/MTS Kelas 8:


1). Amir membuat sebuah lingkaran dari seutas tali yang panjangnya 88 cm. Jika menggunakan nilai phi 22/7 maka panjang jari-jari lingkaran yang dibuat Amir adalah ...
A. 14 cm
B. 16 cm
C. 22 cm
D. 28 cm

2). Berkaitan dengan sudut pusat dan sudut keliling pada sebuah lingkaran, manakah diantara pernyataan berikut yang benar?
A. Sudut pusat = 1/2 dari sudut keliling yang menghadapi busur sama
B. Sudut keliling adalah sudut dalam lingkaran yang titik sudutnya di dalam lingkaran
C. Sudut keliling yang menghadapi diameter lingkaran merupakan sudut siku-siku
D. Sudut pusat adalah sudut dalam lingkaran yang titik sudutnya di dalam lingkaran

3). Perhatikan gambar berikut!

SOAL LINGKARAN KELAS 8
Luas daerah yang diarsir adalah ...
A. 60,6
B. 61,6
C. 72
D. 72,6

Untuk lebih lengkapnya, silakan download Soal Ulangan Harian Lingkaran SMP/MTS Kelas 8 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya [DI SINI]

Baca Juga:

File yang kami upload semuanya tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan SOAL ULANGAN HARIAN LINGKARAN SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 DAN PEMBAHASANNYA ini dapat bermanfaat baik Guru maupun Siswa dalam mempersiapkan diri menjelang kegiatan Ulangan dan Ujian khususnya untuk Mata Pelajaran matematika. Kritik dan saran saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dapatkan berbagai Soal UH, UTS, UAS, UKK, UN, TO yang saya sediakan secara gratis dalam blog ini.

Posting Komentar

 
Top