0
Pembahasan Soal Kombinasi dalam Peluang Matematika SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 - berisi latihan soal tentang kombinasi yang termuat dalam bab Peluang. Kombinasi adalah suatu teknik yang menyatakan banyaknya cara dalam menyusun beberapa objek dari suatu grup tanpa memperhatikan urutan. Dengan demikian jika ada objek yang hanya berbeda urutan, maka tidak diperbolehkan atau akan dianggap sama objeknya.

Pembahasan Soal Kombinasi dalam Peluang Matematika SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013

Berikut ini Contoh Soal tentang Kombinasi dalam Peluang Matematika SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya:

1. Terdapat 10 orang yang lulus seleksi pada suatu perusahaan. Namun kebutuhan tenaga kerja sebanyak 4 orang. Tentukan berapa banyak cara yang dilakukan perusahaan dalam memilih 4 orang dari 10 orang lulus seleksi ?.
Pembahasan 
Diketahui :
n = 10, menyatakan jumlah yang lulus seleksi
k = 4, menyatakan tenaga kerja yang diterima atau dipilih.
C(10,4)= 10!(10-4)!.4! = 10.9.8.7.6!6!.4.3.2.1 = 504024 =210

2. Dalam sebuah sekolah telah diseleksi 5 orang siswa yang berbakat dan mahir dalam badminton. Berapa banyaknya cara pemilihan yang mungkin jika dipilih 3 orang siswa untuk mewakili sekolah dalam turnamen badminton ?
Pembahasan
Diketahui :
n = 5, menyatakan jumlah siswa yang telah diseleksi dalam bidang olahraga badminton.
k = 3, jumlah siswa yang diutus dalam kompetensi badminton
C(5,3)= 5!(5-3)!.3! = 5.4.3!2!.3! = 202 =10

Untuk memperoleh file soalnya, silakan klik tautan berikut:


File yang kami upload semuanya tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Pembahasan Soal Kombinasi dalam Peluang Matematika SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat baik Guru maupun Siswa dalam mempersiapkan diri menjelang kegiatan Ulangan dan Ujian khususnya untuk Mata Pelajaran matematika. Kritik dan saran saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dapatkan berbagai Soal UH, UTS, UAS, UKK, UN, TO yang saya sediakan secara gratis dalam blog ini.

Posting Komentar

 
Top